PROPOSAL SKRIPSI OLAHRAGA (FUTSAL)


SMALL SIDED GAMES UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PASSING BAGIAN DALAM PADA CABANG OLAHRAGA FUTSAL

Diajukan untuk Mengikuti Seminar Proposal Dalam Penelitian Skripsi Sebagai dari Syarat Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan Pada Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi



(logo Kampus)
Universitas Ulm, Lambang, Logo, Tulisan, Wordmark

PRODI PENDIDIKAN JASMANI, KESEHATAN DAN REKREASI (PJKR)
SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN PASUNDAN (STKIP PASUNDAN) CIMAHI

MARET 2020


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Futsal adalah olahraga bola besar hampir mirip dengan sepakbola yang merupakan salah satu cabang olahraga yang populer di seluruh dunia termasuk di Indonesia yang dimainkan lima orang dengan area lapang yang kecil dibandingkan dengan sepakbola. Futsal sering dipertandingkan di desa, kota-kota besar, tingkat nasional, bahkan tingkat internasional sehingga tidak salah olahraga yang ini menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat.
Futsal, olahraga sepak bola dalam ruangan, olahraga ini memungkinkan  area dengan lahan yang sempit memberikan fasilitas yang hampir mirip dengan lapangan rumput sepak bola. Futsal merupakan solusi bagi kota-kota besar yang terbatas area terbukanya. Bahkan futsal sudah dipertandingkan secara internasional baru-baru ini (Danu, Sahputra, & Wakidi, 2013) .

 Olahraga Futsal yaitu olahraga yang membutuhkan kerjasama tim, untuk itu pemahaman dan teknik dasar futsal diperlukan untuk membentuk seorang pemain yang dapat melakukan kerjasama tim yang baik disaat bertahan maupun menyerang. Dalam olahraga futsal suatu tim bisa dikatakan baik jika tim tersebut mampu bekerjasama dengan baik.
Sebuah tim yang melakukan kerja sama yang baik akan memperoleh kemudahan dalam memasukan bola kedalam gawang sebanyak-banyaknya, dan mempertahankan gawangnya agar tidak kemasukan bola. Hal ini didukung oleh penguasaan bola yang baik oleh tim tersebut dalam kata lain setiap individu memiliki kemampuan penguasaan bola yang baik. Dalam olahraga futsal ada banyak sekali teknik dalam penguasaan bola, salah satu diantaranya adalah passing teknik memindahkan bola dari satu tempat ketempat lain, passing berarti memindahkan bola dari kaki anda ke kaki pemain lain dengan cara menendangnya (Wardana, Setiabudi, Candra, & Kesehatan, 2018). Tetapi hal yang sangat disayangkan adalah tidak sedikit dari pemain futsal yang ketika melakukan pasing tidak tepat pada sasaran, bisa dikarnakan kurangnya penguasaan pada teknik 




tersebut.Menurut studi Universitas di Malang, dari 24 pemain melakukan passing control sebanyak 18 kali, 45% diantaranya melakukan dengan benar tapi kurang tepat sasaran(Rizalul Mahbubi, 2017).
Maka dari itu, penting sekali untuk meningkatkan keterampilan dalam passing. Dalam hal ini maka dibentuklah sebuah metode latihan yang disebut Small sided games.
Menurut Fadchurrohman (2016), small-sided games merupakan suatu metode latihan dengan menyajikan situasi permainan seperti permainan sesungguhnya yang membuat pemain mendapatkan penguasaan aspek teknik, taktik, dan fisik (Wardana et al., 2018).

 Latihan Small Sided Games dilakukan dengan cara memperkecil ruang gerak untuk passing, seperti memakai setengah bagian dari lapangan atau bisa disebut juga dengan lapangan dengan skala kecil.

Bahwa melakukan teknik passing yang benar harus dimiliki oleh setiap pemain sepakbola dengan tujuan untuk memindahkan bola dan untuk mengatur tempo permainan sehingga permainan menjadi taktis dan efektif(Wardana et al., 2018). Dapat ditarik kesimpulan bahwa penguasaan teknik passing dalam futsal sangat penting dikarenakan proses pemindahan bola dari suatu tempat ke tempat lain harus tepat mengenai sasaran hal ini ditujukan agar penguasaan dapat lebih dikuasai oleh pemain. Maka dari itu hal ini perlu untuk dibahas karena keberhasilan sebuah serangan ditentukan dari penguasaan bola. Berdasarkan penerapan permasalahan sebelumnya, peneliti mengambil judul “Small Sided Games Untuk Meningkatkan Keterampilan Passing Bagian Dalam”

A.     Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan diatas dapat di identifikasi beberapa masalah sebagai berikut :
1.      Karena kurangnya kemampuan keterampilan passing sehingga terjadi banyak kesalahan saat melakukan passing
2.      Penerapan latihan Small Sided Games perlu diterapkan untuk meningkatkan keterampilan passing

A.    Rumusan Masalah
1.      Apakah Small Sided Games berpengaruh terhadap keterampilan passing bagian dalam ?
2.      Seberapa besar pengaruh Small Sided Games terhadap keterampilan passing bagian dalam ?

B.     Batasan Penelitian
a)      Variabel
Variabel bebas      : Small sided games
Variabel terikat     : Meningkatkan keterampilan passing bagian dalam
b)      Metode Penelitan
Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen, yaitu dengan memberikan serangkaian perlakuan terhadap subyek penelitian.
c)      Populasi, Sampel dan Sampling
Populasi yang digunakan dalam penelitan ini adalah siswa ekstrakurikuler yang beranggotakan 30 orang sedangkan sampel yang digunakan 15 orang
d)      Instrumen
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes maka alat ukur yang digunakan adalah tes keterampilan passing bagian dalam
e)      Tempat

Tempat penelitian dilaksanakan di lapangan futsal

A.    Manfaat Penelitian
Penelitian ini diharapkan membantu meningkatkan keterampilan passing bagian dalam pada latihan Small Sided Games dan bisa diaplikasikan oleh pemain futsal pada saat latihan maupun bertanding.

0 Response to "PROPOSAL SKRIPSI OLAHRAGA (FUTSAL)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel