SEJARAH TENIS MEJA

tenis meja adalah suatu olahraga raket sebagai alat pemukul nya disebut bet yang dimainkan oleh dua orang (untuk tunggal) atau dua pasangan (untuk ganda) yang berlawanan. permainan ini menggunakan bat  terbuat dari papan kayu dilapisi karet dan sebuah bola celluloid serta lapangan permainan yang  berbentuk meja titik tenis meja berasal dari Eropa pada abad pertengahan sebagai kombinasi dari permainan tenis bermula pada tahun 1880 di Inggris. saat itu masyarakat kelas atas Victoria menganggapnya sebagai hiburan seusai santapan malam.

Sejarah tenis meja
tenis meja adalah suatu olahraga raket sebagai alat pemukul nya disebut bet yang dimainkan oleh dua orang (untuk tunggal) atau dua pasangan (untuk ganda) yang berlawanan. permainan ini menggunakan bat  terbuat dari papan kayu dilapisi karet dan sebuah bola celluloid serta lapangan permainan yang  berbentuk meja titik tenis meja berasal dari Eropa pada abad pertengahan sebagai kombinasi dari permainan tenis bermula pada tahun 1880 di Inggris. saat itu masyarakat kelas atas Victoria menganggapnya sebagai hiburan seusai santapan malam.

tenis meja yang mulai populer di Inggris pada pertengahan abad ke-19 dengan beberapa nama seperti pingpong gossima dan WIB wave yang dikreasikan sebagai suatu permainan hiburan titik sedangkan tenis meja memasuki Asia tahun 1910 melalui Republik Rakyat Cina () Jepang dan Korea di RRC (Tionghoa) nama resmi olahraga ini ialah pingpong. permainan ini mendapatkan wadah resmi yang mengaturnya pada 15 Januari 1926 atas prakarsa Dr. George Lehman seorang kebangsaan Jerman. pada Olimpiade Seoul 1988 Tenis meja dipertandingkan untuk pertama kalinya di ajang olahraga yang paling prestisius.

tenis meja berkembang secara terorganisir seperti di negara-negara Asia yang memutuskan untuk membentuk federasi tenis meja Asia dalam bahasa Inggris lebih dikenal dengan table tennis Federation of Asia (ttfa). perkembangan tenis meja yang selanjutnya berkembang sebagai alat diplomasi diungkap melalui sebuah video terkenal dirilis tahun 1972 sumber inspirasi bagi Pon. pada awal 1970 para pemain tenis meja Amerika Serikat diundang ikut serta dalam sebuah turnamen di Tiongkok. peristiwa tersebut untuk mencairkan ketegangan hubungan antara kedua negara yang dikenal dengan istilah diplomasi pingpong muncul ketika presiden  Richard Nixon.

perkembangan tenis meja masuk ke Indonesia sekitar tahun 1930 yang mulanya hanya dilakukan dalam berbagai kegiatan pertemuan umum orang kalangan Belanda yang disebut societe. sekitar tahun 1940 sudah mulai masuk ke seluruh masyarakat umum melalui golongan Pamong dan para pegawai negeri. organisasi yang mengatur tenis meja di Indonesia dibentuk pada Tahun 1948 di Surabaya disebut persatuan pingpong seluruh Indonesia (PPSI). perombakan organisasi terus berlangsung bahkan mengubah nama menjadi persatuan tenis meja seluruh Indonesia ptmsi) pada 5 Oktober 1951 pengetahuan ke organisasian dengan kan ke dalam keanggotaan pada table tennis Federation of Asia (ttfa) tahun 1960 titik Beberapa kejuaraan Asia yang diselenggarakan oleh ttfa telah diikuti oleh PT MC terutama yang diselenggarakan di Singapura dan Manila titik sedangkan peresmian PT MC resmi menjadi anggota internasional table tennis Federation (X) sebagai negara anggota ke 73 dari 215 negara pada tahun 1961.

perkembangan tenis meja di Indonesia sejak berdiri hingga sekarang dilakukan Perkembangan secara pesat terlihat dari banyaknya perkumpulan tenis meja yang berdiri serta banyaknya pertandingan tenis meja yang diselenggarakan misalnya titik2 Porda Pon pomda Porseni di tingkat SD SLTP SLTA serta pertandingan yang diselenggarakan oleh perkumpulan tenis meja maupun instansi pemerintah atau swasta dan sebagainya. 

0 Response to "SEJARAH TENIS MEJA"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel