Struktur dan proses pencak silat


Struktur dan proses pencak silat
Struktur dan proses pencak silat
secara fisik pencak silat terdiri dari teknik teknik sikap dan gerak beladiri yang berdiferensiasi titik rangkaian teknik teknik sikap dan gerak tertentu sebagai satu paket untuk mencapai tujuan tertentu baik tanpa maupun dengan menggunakan senjata, disebut jurus.

dengan demikian dapat dikatakan bahwa pencak silat adalah sistem totalitas tatanan beladiri yang terdiri dari jurus-jurus sebagai subsistem subsistem yang saling bergantung dan saling menunjang dan saling berhubungan secara fungsional menurut pola tertentu untuk tujuan pembelaan diri.

sedangkan jurus dalam lingkup dan posisinya yang otonom adalah sistem (totalitas trip tatanan) beladiri yang terdiri dari teknik-teknik sikap dan gerak (sebagai subsistem subsistem ruang tertutup yang saling bergantung dan saling menunjang dan saling berhubungan menurut pola tertentu untuk tujuan tertentu yang merupakan bagian dari pembelaan diri.

struktur physical pencak silat meliputi 4 kategori sebagai satu kesatuan yaitu: sikap pasang, gerak langkah, serangan dan pembelaan.

  1. sikap pasang adalah teknik sikap  bersiaga dalam menghadapi lawan titik sikap pasang dapat ber pola serangan atau pembelaan titik secara teknis sikap pasang merupakan kombinasi serta koordinasi efektif dan praktis dari sikap kuda-kuda sikap tubuh dan sikap tangan
  2. gerak langkah adalah teknik gerak kaki dalam pemindahan dan pengubahan posisi untuk mendekati atau menjauhi lawan guna mendapatkan posisi yang menguntungkan (kondusif favorable) gerak langkah juga dapat berpola serangan atau pembelaan titik secara teknis gerakan langkah merupakan kombinasi serta koordinasi efektif dan praktis dari gerak kaki, sikap tubuh dan sikap tangan.
  3. serangan adalah upaya teknis dan taktis untuk melumpuhkan lawan atau mendahului serangan lawan  ditinjau dari tekniknya serangan meliputi: pukulan cakaran tendangan tangkapan bantingan jatuhan dan kuncian yang masing-masing mempunyai rincian tersendiri.
  4. Bella and adalah upaya teknik dan taktik untuk menggagalkan serangan lawan ditinjau dari sifatnya Bella and terdiri dari belahan layan (reaktif defensi) dan Bella and sambut (proaktif definisi) titik ditinjau dari teknik nya. B lahan lain meliputi titik 2 tangkisan hindaran atau elakan egosan lepasan dan radang yang masing-masing mempunyai rincian tersendiri sedangkan belahan sambutan meliputi titik 2 sambut pukul cakar sama siku sambutan sambut lutut tangkap emas sambut banting, sambut jatuh dan sambut kunci.
sikap pasang dan gerak langkah dikategorikan sebagai pencak silat laga (non fighting pencak silat). sedangkan serangan dan pembelaan dikategorikan sebagai pencak silat laga pembuka fighting pencak silat).

dengan demikian pengertian yang lebih lengkap mengenai Pesiladi  ditinjau secara fisikal adalah sistem (keseluruhan tatanan) struktur dan proses teknik sikap dan gerak beladiri yang terdiri dari jurus-jurus yang saling bergantung, saling menunjang dan saling berhubungan secara fungsional menurut pola tertentu untuk tujuan pembelaan diri.

0 Response to "Struktur dan proses pencak silat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel