Teori-teori pendidikan


Teori Teori Pendidikan
Teori-teori pendidikan
menu Peter bl berger (1966)  pada hakekatnya manusia memproduksi dirinya sendiri melalui pengalaman dalam realitas sosial.  sosial. pada (2004)  yang berpendapat bahwa orang belajar dari apa yang dikerjakannya. lebih terperinci Paulo ferreira (2000) orang tutup menyatakan bahwa berpikir,  berkata, berbuat, itulah praktis. anak berkata dan anak berbuat titik praktis mengintegrasikan ketiga unsur itu.

dalam pembelajaran, menteri India Indonesia 1009 1907 1983   kabinet iii,  Daud Yusuf berpendapat bahwa murid-murid sekolah dasar dan menengah harus sudah membiasakan untuk menghayati pengalaman saintifik kultur.  Rela ilmiah, keterangan serta sehari-hari.  ketemu keterampilan menurut David banner Marvin dalam elemen ceritain metode constructivist approach adalah:
  1.    Observasi
  2.  klasifikasi
  3.  berkomunikasi
  4.  mengukur
  5.  memprediksi
  6.  membuat inferensi
  7.  mengidentifikasi dan mengontrol variabel
  8.  membuat dan menguji hipotesis
  9.  menginterpretasi  data
  10.  membuat definisi operasional
  11.  bereksperimen
  12.  mengandung model
perilaku dalam proses belajar tersebut merupakan usaha sadar dan terencana seorang guru. dirumuskan dalam undang-undang sistem pendidikan nasional pasal 1 ayat 1, yang dimaksud dengan pendidikan adalah usaha sadar dan terencana mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi sendiri titik pengertian ini mengisyaratkan bahwa proses pembelajaran adalah menempatkan murid sebagai pusat perhatian inilah yang dimaksud dengan proses pembelajaran berbasis siswa (student center learning)

rahasia dalam pendidikan terletak pada sikap menghargai murid pengajar biasa memberitahu titik pengajar yang baik menjelaskan titik pengajar yang lebih baik mendemonstrasikan titik tetapi pengajar yang terbaik memberikan inspirasi. seorang pengajar memperluas sudut pandang materi mata pelajaran melalui pengalaman belajar peserta didik. inilah belajar anda tiba-tiba mengerti sesuatu yang telah anda ketahui sepanjang hidup anda tetapi Dengan pemahaman yang berbeda Doris leasing. proses pembelajaran berpusat pada siswa mengubah peran dominan guru titik guru yang dominan mungkin saja memasukkan 1000000 fakta ke dalam otak anak tetapi anak akan tetap menjadi tidak terdidik (Alec bourne).

di sekolah eksperimennya nya John dewey (2004) dalam bukunya yang terbit tahun 1938 mencari cara mengintegrasikan materi pelajaran ke dalam pekerjaan dan mencari cara beroperasinya prinsip belajar dari bekerja. Baru beberapa tahun kemudian Marshall mcluhan (1967) menemukan media proses pembelajaran dengan prinsip yang sesuai dengan judul bukunya the medium is the message media bukan hanya berupa aktivitas bekerja (pengalaman) dan massage bukan hanya pengetahuan tetapi juga kompetensi kepribadian dan kecerdasan.

guru-guru  dituntut kreatif menemukan dan menciptakan macam-macam media. media yang efektif bermuatan bermacam pesan (massage). media pembelajaran an3 hanya bisa menampung 1 Materi Tetapi beberapa materi sekaligus. kegiatan pembelajaran mengintegrasikan satu, dua atau beberapa perilaku dan mengembang satu atau beberapa materi pelajaran.

ritual guru bicara murid mendengar menuntun murid untuk duduk menyimak dengan tertib. aktivitas murid dianggap sebagai gangguan proses pembelajaran titik kegiatan ini sudah merupakan ritual guru sehingga guru tidak mau mengubahnya. guru menolak ide perubahan dalam proses pembelajaran efektif.

dalam hasil penelitian pendidikan Indonesia oleh C.E. Beeby pada tahun 1970 sampai 1975  tentang kondisi gagasan/ ide baru dinyatakan bahwa hanya sedikit terdapat pribadi yang kuat yang memperlihatkan kemampuan pikiran analitik dan independen.

latar belakang sosial dan intelektual tidak cukup untuk memberi mereka rasa percaya diri dalam dunia pendidikan sedikit sekali bukti yang menunjukkan guru-guru pendidikan dasar menengah berhasrat untuk memakai metode yang lebih menantang. terhadap saran untuk diadakan pembaharuan, para responden () bersikap biasa-biasa saja atau justru negatif. budaya otoriter di lingkungan pendidikan membunuh inisiatif para guru sehingga guru selalu mengharapkan instruksi. keadaan ekonomi Indonesia yang rendah menjadikan guru tidak mampu membeli buku dan penerbitan berkala dari luar negeri titik mereka terputus oleh pemikiran pemikiran modern mengenai pendidikan titik Mereka cenderung menolak perubahan (C.E. Beeby: 1981) adalah kondisi umum manusia, mereka lebih nyaman bertahan dalam keadaan sekarang daripada berpikir dan berkomitmen untuk pembaruan.

keyakinan baru tentang pendidikan lahir di awal reformasi dalam kondisi konflik, penuh perlawanan terhadap prinsip-prinsip Orde Baru. UUD 1945 diamandemen termasuk pasal 31 tentang pendidikan dan kebudayaan titik UU sisdiknas nomor 2 tahun 1989 dinyatakan tidak memadai lagi lalu disusun UU sisdiknas no 20 tahun 2003 perubahan-perubahan ini merupakan perubahan paradigma pendidikan nasional pengertian pendidikan berubah prinsip-prinsip penyelenggaraan pendidikan merupakan hal baru mengubah cara terhadap anak lebih dihargai perbedaannya (minat bakat dan perkembangan psikologis). proses pendidikan berubah dari paradigma pengajaran dan memilih lawannya menjadi paradigma pembelajaran sehingga dominasi guru harus diubah menjadi siswa aktif mengembangkan potensi dirinya.

dalam suasana belajar yang menyenangkan dan kreatif semua keyakinan baru ini berlawanan dengan kondisi mental guru, bahkan birokrat pengelola pendidikan yang menolak perubahan dan nyaman dalam tradisi yang telah mapan.

buku ini menawarkan praktik kelas yang merupakan tafsiran operasional dari prinsip-prinsip perubahan di atas.

0 Response to "Teori-teori pendidikan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel