PENGERTIAN PENDIDIKAN


pengertian pendidikan.

PENGERTIAN PENDIDIKAN

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik aktif mengembangkan potensi dirinya (  pendidik pendidikan, BAB 1  (1) undang-undang sisdiknas nomor. 20/2003). inilah misi pendidikan yang lahir dari reformasi 1998  yang mengukuhkan secara ideologis prinsip demokrasi otonomi dan keadilan serta menjunjung tinggi hak asasi manusia.  ideologi tersebut menjadi dasar hukum bagi perubahan paradigma pendidikan dari pengajaran ke pembelajaran.

menurut Sosiologi Peter l berger (tahun 1966) pada hakikatnya nya manusia memproduksi dirinya sendiri melalui pengalaman dalam realitas sosial. 1 bagian Hakiki dari potensi manusia adalah hasrat sebagai tanda bahwa manusia merasakan kekurangan yang menuntut untuk dipenuhi. watak manusia inilah yang menjadi dasar ide pelibatan peserta didik Pada proses pembelajaran aktif. buku ini diharapkan memberi kekuatan intelektual dalam kemampuan mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran aktif menurut pengertian pendidikan yang baru

kontradiksi antara paradigma pengajaran dengan paradigma pembelajaran merupakan pengalaman saya sepanjang hidup sebagai guru titik beruntunglah saya mengalami pelatihan di pll bekerja di lp3es dan guru berkegiatan di LSM yang memberikan pengalaman sebagai pemandu latihan, kontak dengan pikiran Paulo ferreira David mcclelland, John dewey dan lain-lain yang memperkaya intelektual titik reformasi pendidikan bagi saya, merupakan pemenuhan Obsesi saya untuk mengakhiri kontradiksi menegakkan prinsip pembelajaran siswa aktif. tetapi visi baru ini tidak serentak menjadi aksi . ritual   guru mengajar murid mendengar tak tergoyahkan dan masih terus dipraktikkan titik hasrat mewujudkan visi menjadi aksi ingin diwujudkan dengan buku ini.

Dan dalam perjalanan lebih lanjut saya bertemu dengan guru guru kreatif. 2 Retno listyarti SPD Oma m. s. (SMAN 13 Jakarta), basyarudin m titik D. dan Agus rahim S. P D. (SMA Plus PGRI Cibinong) Lenovo (Sekolah Alam) Baharudin (qoriyah Toyibah Salatiga), q r. Ridwan Hasan Saputra, MC. (klinik Pendidikan MIPA), wismiarti (Al Falah), C. Jasmine Jasmine (SD Gemala Ananda purung tutup dan orang-orang yang melengkapi kekayaan pengalaman saya sekaligus menunjukkan bahwa perubahan paradigma pengajaran ke paradigma pembelajaran bukan Sesuatu yang mustahil untuk dilaksanakan tetapi mudah untuk dilakukan.

sadar akan tanggung jawab mewujudkan pendidikan bermutu yakni akan kebenaran ideologi pendidikan yang membebaskan memahami teori pendidikan dari pengalaman demokrasi dan penghargaan hak asasi peserta didik menjadi kepercayaan saya untuk mengunduhnya menjadi buku ini pada semua yang saya sebut namanya diatas dan kepada mahasiswa Universitas Paramadina mahasiswa Universitas Islam as-syafi'iyah atau siapapun yang pernah bersentuhan dalam training di mana Saya pernah menjadi pemandu Saya sampaikan terima kasih atas sambutannya yang positif, menjadi pendorong bagi saya semangat berbeda titik dalam keadaan sakit, buku ini terwujud berkat dukungan istri anak-anak serta cucu tercinta. juga bantuan zaitun, dengan kesabaran dan kesadaran kritis sarjana filsafat.

0 Response to "PENGERTIAN PENDIDIKAN"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel