PENGERTIAN PENDIDIKAN
pengertian pendidikan.
Pendidikan adalah usaha sadar dan
terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta
didik aktif mengembangkan potensi dirinya (
pendidik pendidikan, BAB 1 (1)
undang-undang sisdiknas nomor. 20/2003). inilah misi pendidikan yang lahir dari
reformasi 1998 yang mengukuhkan secara
ideologis prinsip demokrasi otonomi dan keadilan serta menjunjung tinggi hak
asasi manusia. ideologi tersebut menjadi
dasar hukum bagi perubahan paradigma pendidikan dari pengajaran ke
pembelajaran.
menurut Sosiologi Peter l berger (tahun 1966)
pada hakikatnya nya manusia memproduksi dirinya sendiri melalui pengalaman
dalam realitas sosial. 1 bagian Hakiki dari potensi manusia adalah hasrat
sebagai tanda bahwa manusia merasakan kekurangan yang menuntut untuk dipenuhi.
watak manusia inilah yang menjadi dasar ide pelibatan peserta didik Pada proses
pembelajaran aktif. buku ini diharapkan memberi kekuatan intelektual dalam
kemampuan mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran aktif menurut
pengertian pendidikan yang baru
kontradiksi antara paradigma pengajaran dengan
paradigma pembelajaran merupakan pengalaman saya sepanjang hidup sebagai guru
titik beruntunglah saya mengalami pelatihan di pll bekerja di lp3es dan guru
berkegiatan di LSM yang memberikan pengalaman sebagai pemandu latihan, kontak
dengan pikiran Paulo ferreira David mcclelland, John dewey dan lain-lain yang
memperkaya intelektual titik reformasi pendidikan bagi saya, merupakan
pemenuhan Obsesi saya untuk mengakhiri kontradiksi menegakkan prinsip
pembelajaran siswa aktif. tetapi visi baru ini tidak serentak menjadi aksi .
ritual guru mengajar murid mendengar
tak tergoyahkan dan masih terus dipraktikkan titik hasrat mewujudkan visi
menjadi aksi ingin diwujudkan dengan buku ini.
Dan
dalam perjalanan lebih lanjut saya bertemu dengan guru guru kreatif. 2 Retno
listyarti SPD Oma m. s. (SMAN 13 Jakarta), basyarudin m titik D. dan Agus rahim
S. P D. (SMA Plus PGRI Cibinong) Lenovo (Sekolah Alam) Baharudin (qoriyah
Toyibah Salatiga), q r. Ridwan Hasan Saputra, MC. (klinik Pendidikan MIPA),
wismiarti (Al Falah), C. Jasmine Jasmine (SD Gemala Ananda purung tutup dan
orang-orang yang melengkapi kekayaan pengalaman saya sekaligus menunjukkan
bahwa perubahan paradigma pengajaran ke paradigma pembelajaran bukan Sesuatu
yang mustahil untuk dilaksanakan tetapi mudah untuk dilakukan.
sadar akan tanggung jawab mewujudkan
pendidikan bermutu yakni akan kebenaran ideologi pendidikan yang membebaskan
memahami teori pendidikan dari pengalaman demokrasi dan penghargaan hak asasi
peserta didik menjadi kepercayaan saya untuk mengunduhnya menjadi buku ini pada
semua yang saya sebut namanya diatas dan kepada mahasiswa Universitas
Paramadina mahasiswa Universitas Islam as-syafi'iyah atau siapapun yang pernah bersentuhan
dalam training di mana Saya pernah menjadi pemandu Saya sampaikan terima kasih
atas sambutannya yang positif, menjadi pendorong bagi saya semangat berbeda
titik dalam keadaan sakit, buku ini terwujud berkat dukungan istri anak-anak
serta cucu tercinta. juga bantuan zaitun, dengan kesabaran dan kesadaran kritis
sarjana filsafat.
0 Response to "PENGERTIAN PENDIDIKAN"
Posting Komentar